LEMBAR KERJA SISWA
(L K S )
MENIMBANG BALON
A. MASALAH.
Bagaimana anda bisa mengatakan bahwa udara di dalam balon itu dapat di timbang ?
B. ALAT DAN BAHAN
· 2 buah balon
· Lidi
· Gunting
· Isolasi
· Benang
C. LANGKAH KEGIATAN
· Gantunglah lidi dengan ukuran jarak yang sama antara sisi kanan dan sisi kiri dengan menggunakan benang dan isolasi.
· Ikatkan benang pada dua balon kempis.
· Tempelkan benang pada masing-masing ujung lidi. Pastikan posisi lidi dalam keadaan seimbang setelah balon di gantung. Jika tidak, tempelan penjepit kertas pada sisi lidi yang membutuhkan keseimbangan.
o Apa yang terjadi jika anda meniup salah satu balon kemudian menggantungnya kembali?
o Dengan cara apa anda dapat membuat posisi lidi itu seimbang kembali? Benang harus berada pada ujung lidi.
- TABEL PENGAMATAN
Jenis | Perlakuan | Keadaan balon | Keadaan timbangan |
Balon I Balon II | Tidak mendapt perlakuan Tidak mendapat perlakuan | Kempis Kempis | |
Balon I Balon II | Tidak mendapat perlakuan Ditiup | Kempis Kembung | |
Balon I Balon II | Ditiup Ditiup | Kembung Kembung | |
Balon I Balon II | Dibiarkan kembung Ditusuk dengan jarum | Kembung Kempis |
E. ANALISIS DATA
Berdasarkan table pengamatan di atas :
· Bagaimana keadaan balon pada saat posisi timbangan seimbang?
· Bagaimana keadaan balon pada saat posisi timbangan tidak seimbang?
F. KESIMPULAN
· Apa yang kalian masukkan ke dalam balon pada saat kalian meniup balon yang ukurannya hampir sama ?
· Dua balon yang ditiup dengan ukuran yang hampir sama mempunyai berat……Sehingga apabila dikaitkan pada kedua ujung lidi kedua balon akan…..
· Saat satu balon di tusuk jarum, berarti ada…..keluar dari balon.
· Kedua balon yang mula-mula seibang menjadi…. Karena udara …
G. PERLUASAN MATERI
Penggunaan gas elpiji dalam kehidupan sehari-hari yanmg memiliki massa yang berbeda-beda. Gas elpiji ini ada yang massanya 3 kg, 12 kg, dan lain-lain. Dengan demikian, kita dapat mengetahui bahwa udara itu memiliki massa.
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /Semester : IV/I
Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berasarkan sifatnya.
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi berbagai wujud benda padat, cair dan gas yang memiliki sifat tertentu.
Indikator :
· Menyebutkan contoh benda padat, cair dan gas.
· Menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
· Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat,
· Menunjukkan bukti tentang sifat benda cair.
· Menunjukkan bukti tentang sifat benda gas.
Tujuan Pembelajaran :Melalui penjelasan guru, siswa dapat :
· Menyebutkan contoh benda padat, cair, dan gas
· Menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
Melalui percobaan, siswa dapat :
· Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat.
· Menunjukkan bukti tentang sifat benda cair.
· Menunjukkan bukti tentang sifat benda gas.
Materi Pembelajaran : “ Benda dan sifatnya”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar